-->
6/11/2016

Cara Membuat Pepes Pindang Nikmat

pepes ikan pindang gurih

Dari kecil saya suka sekali pepes ikan pindang ini..rasanya yang gurih dan pedas bikin makan jadi nambah terus..dulu waktu saya kecil ikan pindangnya kebanyakan kecil kecil jarang sekali ada yang besar.. maklum dulu tinggalnya jauh dari laut jadi ikan pindang ini aja yang ada soalnya kan udah direbus jadi lebih awet, harganya pun juga murah meriah,dipasar dekat rumah pedagang ikan pindang ini selalu laris manis diserbu pembeli..bener bener jadi pilihan untuk lauk harian kebanyakan orang waktu itu..

Sampai sekarang pun saya masih suka sama ikan pindang,mau dimasak apa aja selalu enak dipepes ini salah satu varian masakan ikan pindang yang saya masak kali ini..saya lebih suka memakai kelapa parut sebagai bumbunya daripada yang hanya pakai bumbu halus aja karena membuat rasanya jadi semakin gurih..berikut resep pepes ikan pindang ala saya yaa..

Bahan :


2 ekor ikan pindang ukuran sedang cuci bersih belah 2 buang duri dan kepalanya
1/4 butir kelapa sedang, parut
1 ikat kecil kemangi
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus


5 siung bawang merah
3siung bawang putih

2bh cabe merah
5bh cabe rawit/sesuai selera

2btr kemiri
1/2sdt ketumbar bubuk
1 1/2sdt garam
1sdt gula

Cara Buat Pepes Pindang :


Aduk bumbu halus dengan kelapa parut.
Ambil daun pisang beri 1sdm campuran bumbu beri daun kemangi,taruh ikan pindang diatasnya beri bumbu dan daun kemangi lagi diatasnya,kemudian gulung daun pisangnya semat kedua ujungnya.Lakukan sampai habis.

Kukus selama 30 menit.
Angkat,bisa langsung disajikan dengan nasi hangat atau bisa dibakar dulu sebentar..sama enaknya..selamat mencoba.

Komentar dengan Facebook
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © - All Rights Reserved
Powered by Blogger