-->
6/09/2016

Belanja Hemat Ala Emak Ngirit

Belanja Hemat

Bismillah..

Semua emak-emak pasti punya cara untuk menyiasati pengeluaran belanja harian masing masing yaa..Begitupun dengan saya yg harus pintar pintar mengatur pengeluaran harian disaat harga harga kebutuhan pokok semakin naik.

Dengan tetap memikirkan supaya keluarga bisa tetap makan enak dan kebutuhan gizinya juga tercukupi.

Untuk itu saya punya cara sendiri untuk menyiasatinya yaitu dengan belanja mingguan, maksudnya saya belanja seminggu sekali dipasar tiap hari minggu pagi untuk kebutuhan selama 1 minggu kedepan.

Kenapa satu minggu, karena bahan makanan masih bisa bertahan tetap segar disimpan dalam lemari pendingin selama 1 minggu itu..kalau lebih dari 1 minggu menurut pengalaman saya sudah tidak bagus lagi. Hhmmm..bisa dibayangin kan seberapa banyak belanjaan saya hehe..

Ini catatan ala saya ya

Susun daftar menu masakan untuk 1 minggu. Di sini yang perlu diperhatikan adalah pilihan menu harus sesuai dengan selera setiap anggota keluarga.

Kita bisa mencari referensi menu apa saja disosmed, di sana banyak sekali grup masak yang bisa jadi inspirasi pemilihan menu harian kita tapi tentu harus disesuaikan dengan kemampuan memasak dan budget dapur masing masing.

Buat catatan belanja.

Catat dengan detail semua kebutuhan yang akan dibeli dari masing2 menu. Ini supaya tidak ada kebutuhan yang lupa dibeli atau bahkan membeli apa yang tidak diperlukan.

Bawa uang pas.

Pada saat kita membuat catatan belanja, kita bisa membuat perkiraan harganya sekalian dengan sedikit dilebihkan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga.

Sehingga kita bisa tahu perkiraan jumlah belanja kita nanti dan jumlah uang yang harus kita bawa. Makhlum lah emak emak pasti suka kalap kalau belanja ke pasar, liat ini itu bisa bisa diborong semua.

Bawa kantong/tas belanja.

Kalau kita mau belanja buat 1 minggu pasti bakal banyak sekali belanjaan yang akan kita beli nanti. Untuk itu sebaiknya bawa tas belanja dengan ukuran yang besar, karena kalau kita belanja dipasar kita akan keliling dari satu pedagang ke pedagang yang lain, pasti dapat banyak kantong belanja dari setiap pedagang masing masing.

Nanti tiap kantong belanja dimasukkan jadi satu dalam tas yang kita bawa tadi. Jadi kita tidak kerepotan membawanya serta yang lebih penting belanjaan kita aman tidak ada yang tertinggal, karena dari pengalaman saya sendiri dengan membawa banyak printilan kantong belanja jadi ada yang tertinggal disalah satu pedagang lain..mo irit tp jadi rugi kan..


Belanja Hemat

Segera kemas dan simpan.

Setelah sampai dirumah segera bongkar belanjaan dan kelompokkan sesuai jenisnya. Pertama bersihkan dulu ayam daging ikan dan lainnya,pisahkan untuk satu kali masak lalu masukkan dalam wadah atau plastik beri label supaya tidak lupa jenis dan kegunaannya, karena kalau sudah dalam kondisi beku difreezer akan sulit untuk mengenalinya.

Segera masukkan kedalam frezzer agar tetap awet. Begitu pula dengan sayuran, segera dibersihkan dan pisahkan sesuai kebutuhan dan simpan dalam lemari es supaya tetap segar.

Demikian cara belanja mingguan saya untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga setiap hari yang terbukti bisa lebih hemat pengeluaran juga hemat waktu karena kita bisa melakukan pekerjaan yang lain daripada harus belanja setiap hari. Yang paling penting adalah disiplin dan pengendalian diri.

Semoga bisa bermanfaat untuk semua.
Komentar dengan Facebook
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © - All Rights Reserved
Powered by Blogger