-->
6/16/2016

Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan yang Tetap Manyus

Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan yang Tetap Manyus

Suka sekali sama pempek tanpa ikan ini,karena saya memang tidak terlalu suka dengan ikan dan rasanya yang enak banget serta cara buatnya pun mudah jadi sering sekali bikin.Banyak sekali berseliweran resep pempek tanpa ikan ini dan rata2 memakai 1 resep yang sama yaitu resep dari ny.Liem,memang resep ini terbukti hasilnya sangat  memuaskan,meskipun dengan mengalami modifikasi dari resep asli karena menyesuaikan sikon didapur masing2 tapi tetap enak koq hasilnya.

Saya selalu bikin pempeknya yang varian kapal selam,karena adonannya tanpa ikan jadi biar lebih bergizi dikasih isian telur aja.

Pada proses pembuatannya ada yang pakai mixer atau food procesor tapi saya cukup diuleni dengan tangan sebentar aja. Hasilnya sama aja koq tetap lembut dan enak.

Pempek Tanpa Ikan yang Tetap Manyus


Bahan biang :

125gr terigu
250ml air
2sdt garam
1sdt kaldu bubuk

Bahan lain :

250gr tepung sagu
2btr telur
5btr telur untuk isian

Bahan kuah cuko :

500ml air
200gr gula merah
200gr gula pasir
100ml air asam

Bumbu halus :

8siung bawang putih
5bh cabe rawit
2sdm ebi sangrai
Garam

Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan yang Tetap Manyus

Cara buat :

Biang:didihkan air beri garam dan kaldu bubuk,setelah mendidih kecilkan api masukkan terigu sambil terus diaduk masak sampai adonan matang dan kalis.Angkat diamkan tunggu hingga hangat.

Setelah adonan biang hangat beri 1btr telur,uleni sampai tercampur rata kemudian masukkan 1btr telur lagi uleni kembali sampai tercampur.

Setelah adonan biang dan telur tercampur,masukkan tepung sagu.Uleni ringan saja sampai tercampur sebentar saja.Adonan yang dihasilkan lembut,mudah dibentuk dan tidak lengket.

Bagi adonan sesuai besar yang diinginkan,saya bagi menjadi 8 Bulat2kan.

Ambil 1bulatan adonan buat lubang ditengahnya tuangkan telur kocok secukupnya hati hati menuangnya usahakan bagian atas tidak terkena tetesan telur,rekatkan seperti membuat pastel.Lakukan sampai habis.

Kemudian rebus di dalam air mendidih sampai semua mengapung sekitar 15 mnt.Angkat tiriskan.Goreng pempek dalam minyak panas sampai berwarna kekuningan.Angkat dan potong potong.Sajikan dengan siraman kuah cuko.

Kuah cuko:rebus air dan semua bumbu sampai mendidih,cicipi rasanya setelah pas angkat dan saring.
Komentar dengan Facebook
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © - All Rights Reserved
Powered by Blogger